JURnal Celebes

adalah sebuah organisasi dalam bentuk asosiasi yang terdiri dari wartawan dan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM/NGO) Sulawesi Selatan.

dibentuk pada 12 September 2002 di Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai forum independen yang mendorong penguatan masyarakat sipil dan kampanye keadilan sumber daya alam.

Visi

terwujudnya masyarakat yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam mendorong kebijakan dan pengelolaan lingkungan yang adil dan berkelanjutan.

Misi

mendorong kesadaran kolektif masyarakat untuk melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem sebagai basis ekonomi.

Dalam diskusi serial Maret 2017 lalu, disimpulkan bahwa pengembangan ekowisata menjadi salah satu alternatif untuk melindungi dan menyelamatkan kawasan karst di Kabupaten Pangkep. Ekowisata yang dikembangkan bertumpu pada peran masyarakat sekitar kawasan karst. Karena itu, pemberdayaan masyarakat desa-desa di sekitar kawasan menjadi penentu dalam mengembangkan pola  yang memberikan peningkatan pendapatan masyarakat sekaligus melindungi dan melestarikan keragaman hayati di kawasan karst Pangkep.

Kawasan Karst yang membentang di Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Maros menyimpan potensi sumber daya alam dan keanekaragaman hayati yang menjamin kelanjutan sumber penghidupan di kawasan ini. Perencanaan pembangunan yang ekspansif dan eksploitatif mengancam punahnya ekosistem keanekaragaman hayati di Maros dan Pangkep.  Solusi melindungi dan melestarikan potensi sumber hayati penghidupan ini tidak boleh diabaikan, bila tidak ingin potensi ii ke depan hanya tinggal nama. 

Berita Terkini

Press Release Update

Komentar

Foto Kegiatan